6 Tips Persiapan Pesta Pernikahan di Rumah

Siapa sih orang di dunia ini yang tidak ingin menikah? Tentu saja setiap orang yang ada di dunia ini pasti ingin menikah. Selain merupakan bagian dari ibadah, pernikahan juga merupakan cara untuk menjaga populasi manusia. Itu sebabnya, mengapa Tuhan menciptakan manusia untuk berpasang-pasangan. Melihat akan hal itu, maka tak heran jika pernikahan ini adalah hal yang paling didambakan oleh semua orang.

Berbicara soal pernikahan, pada dasarnya pesta pernikahan ini memanglah tidak diwajibkan. Namun dikarenakan sudah menjadi sebuah budaya, maka tak heran jika pesta pernikahan ini sangat penting bagi sebagian besar masyarakatnya. Saat hendak mengadakan acara pesta pernikahan di rumah, biasanya pesta tersebut dilakukan di rumah pihak mempelai wanita. Secara otomatis, pihak keluarga mempelai wanita akan jauh lebih sibuk lagi ketimbang pihak keluarga mempelai pria. Adapun mengenai berbagai persiapannya mulai dari foto prewedding unik, membuat kartu undangan, dan sebagainya. Ya, namun itu hanyalah sebagian kecil dari persiapannya saja. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi tentang persiapan sebelum mengadakan pesta pernikahan dirumah, mari kita simak saja langsung ulasannya dibawah ini :

  1. Budget

Persiapan pertama yang harus kamu ketahui sebelum mengadakan pesta pernikahan di rumah, yakni budget alias uang. Dalam hal ini, sangat disarankan bagi kamu untuk berdiskusi dulu dengan keluarga maupun kerabat. Misalkan saja kamu mengalami masalah dengan kondisi keuangan, maka siapa tahu ada salah satu anggota keluarga atau kerabatmu yang siap membantu.

  1. Buatlah List Belanja

Apabila budgetnya sudah siap, maka kamu harus membuat list atau daftar belanjaan. Pasalnya, keperluan untuk pesta pernikahan itu bukan hanya 1 atau 2 barang saja, melainkan sangat banyak. Dengan adanya daftar belanjaan, tentunya semua kebutuhan dan keperluan untuk pesta pernikahan tidak akan ada yang terlewati. Selain itu, manfaat dari list belanja ini juga agar kamu dapat mengetahui berapa anggaran yang harus dikeluarkan.

  1. Kartu Undangan

Sangat penting juga bagi kamu untuk mendata siapa-siapa saja yang hendak diundang pada pesta pernikahanmu. Dengan begitu, kartu undangannya tidak akan kekurangan dan tidak juga kelebihan. Namu untuk lebih menghemat anggarannya, pilihlah desain kartu undangan yang standard saja ya.

  1. Foto Prewedding

Persiapan berikutnya yang harus kamu ketahui sebelum mengadakan pesta pernikahan di rumah, yakni membuat foto prewedding. Untuk menarik perhatian dari para tamu, mungkin kamu bisa mencoba membuat foto prewedding unik seperti mengenakan kostum olahraga, mengendarai kuda, konsep pedesaan, dan lain sebagainya.

  1. Pilihlah Tema Yang Simple

Perlu kalian ingat, bahwa pernikahan itu tidak harus selalu identik dengan pesta yang mewah. Ya, yang terpenting kamu sudah sah dengan si dia. Maka dari itu, pilihlah tema yang simple namun tetap terlihat elegan seperti tema 1 atau 2 warna saja.

  1. Dekor Bunga Lokal

Siapa bilang bahwa bunga lokal kalah cantik dengan bunga impor? Buktinya,dekorasi buka lokal juga tidak kalah indahnya dengan dekorasi bunga impor lho. Selain cantik dan indah, tentunya harga bunga lokal ini jauh lebih murah. Setelah mendapatkan bunganya, posisikan bunga-bunga tersebut pada beberapa tempat seperti venue acara, gerbang masuk, sampai ke area pelaminan.

Itulah beberapa persiapan-persiapan yang harus kamu ketahui sebelum mengadakan pesta pernikahan dirumah. Dengan demikian, tentu pesta pernikahannya akan berjalan lancar dan berkesan.

 

Related Posts