Tips Memilih Mesin Digital Printing Yang Sesuai Dengan Kebutuhannya

Banyaknya keunggulan yang dimiliki dari mesin digital printing, banyak para pengusaha sablon konvesional yang mulai beralih ke teknik digital printing. Akan tetapi, anda juga harus tahu tentang type dari mesin digital printing tersebut agar sesuai dengan kebutuhan. Nah untuk mengetahui tentang mesin digital printing yang sesuai dengan kebutuhan, mari kita simak saja langsung penjelasannya dibawah ini :

  1. Mesin Digital Printing Indoor

Mesin digital printing indoor ini dikhususkan untuk melayani kebutuhan advertising yang hanya ditempatkan di dalam ruangan seperti poster, x banner, spanduk untuk di dalam ruangan, wallcovering, stiker untuk di dalam ruangan, dan lain sebagainya. Adapun karakteristik dari mesin digital printing indoor ini biasanya memiliki ukuran lebar printing dengan area yang tidak terlalu besar dengan ukuran 24 inch, 42 inch, dan 60 inch. Oleh sebab itu untuk mesin digital printing indoor ini biasanya tidak membutuhkan media promo yang terlalu besar. Sedangkan untuk tinta, digunakan tinta dyne, dan tinta pigment. Dan untuk print (paper) menggunakan paper yang berbasis media dyne dan pigment. Adapun hasil cetakannya, memiliki karakteristik dengan kualitas yang tinggi jika dilihat dari jarak yang dekat.

  1. Mesin Digital Printing Outdoor

Adapun mesin digital printing outdoor ini dikhususkan untuk melayani kebutuhan advertising yang ditempatkan di luar ruangan seperti stiker untuk branding mobil yang tahan air, baliho spanduk yang tahan terhadap panas dan air, dan beberapa advertising yang diperuntukkan di luar ruangan. Sedangkan untuk karakteristik mesin digital printing outdoor ini biasanya di dominasi dengan mesin large format printer yang memiliki lebar 2-3 meter, dan menggunakan base tinta solvent serta eco colvent.

  1. Mesin Digital Printing Semi Indoor Outdoor

Biasanya jenis mesin ini digunakan untuk menggarap pasar dengan segment indoor maupun outdoor. Dengan menggunakan mesin ini bisa mengerjakan untuk indoor dan outdoor sekaligus dengan menggunakan base tinta eco solvent karena tinta ini tidakĀ  berbau untuk di dalam ruangan, atau menggunakan tinta latek yang sudah eco green yang sangat aman dan ramah lingkungan. Selain itu mesin ini memiliki keunggulan dari segi kualitas gambar yang setara dengan mesin indoor namun dari segi ketahanan bisa ditempatkan di luar ruangan.

  1. Mesin Digital Printing Photographic

Mesin digital printing photographic ini diperuntukan untuk menggarap yang berhubungan dengan photographic, namun anda harus hati-hati bila akan mencetak hasil photographic dengan mesin yang tidak sesuai dengan keperuntukkannya, sebab hasil jepretan serta warnanya yang ditangkap oleh kamera tidak akan sesuai dengan hasil cetakan, hal tersebut disebabkan untuk photographic kualitas dan presisi gambar merupakan hal yang paling utama. Sedangkan media yang digunakan pada mesin ini adalah media dyne dan pigment.

  1. Mesin Digital Printing Kain

Agar lebih banyak dalam memproduksi jersey atau print kain, maka sangat disarankan bagi anda untuk menggunakan printer sublimasi, karena dikhususkan untuk digunakan pada bahan kain, dan untuk mesinnya sendiri sama seperti printer indoor. Perbedaaannya terdapat di bagian tintanya diganti dengan tinta sublime. Tentu saja hal ini sangat membantu anda dalam memulai jasa print kain.

Itulah beberapa tipe mesin digital printing yang harus anda ketahui. Dengan begitu, anda pun dapat membeli mesin tersebut yang sesusai dengan kebutuhan.

Related Posts