Yang Rentan Alergi, Baca Dulu Ingredients Parfum Sebelum Membeli

Alergi parfum mungkin jarang Anda dengar. Sebenarnya, bukan parfum itu sendiri yang menyebabkan alergi namun campuran berbagai kandungan yang ada di dalamnya. Beberapa jenis bahan yang dicampurkan di dalam parfum ada yang rentan menyebabkan alergi pada orang yang memiliki fisik sensitif. Sayangnya, bahan-bahan tersebut hampir ada di semua parfum karena berguna untuk membuat parfum tahan lama. Namun perlu Anda tahu, orang yang alergi pada satu jenis parfum belum tentu alergi pada parfum lainnya karena bisa jadi kandungan di dalamnya berbeda.

Nah, kalau memang Anda memiliki riwayat alergi dan rentan terhadap bahan-bahan tertentu, lebih baik menghindari bahan-bahan seperti ini di dalam parfum:

Acetone

Acetone merupakan salah satu bahan yang banyak dicampurkan ke dalam parfum untuk membuatnya lebih mudah larut. Seperti diketahui, parfum umumnya terdiri dari bibit pewangi yang berupa ekstrak dari tumbuhan dalam bentuk minyak. Minyak esensial ini kemudian dicampurkan dengan alkohol dan air yang sebenarnya tidak akan bisa bersatu. Namun adanya aseton membuat seluruh bahan-bahan ini tercampur dengan baik. Aseton sendiri bisa menimbulkan alergi yang ditandai dengan kulit sangat kering, terasa kaku, perih, dan terasa panas.

Berbagai jenis alkohol

Alkohol merupakan bahan yang paling banyak dijadikan campuran parfum selain air. Di dalam sebuah parfum, biasanya terdapat berbagai jenis alkohol seperti Amylcinnamic alcohol, Anisyl alcohol, dan juga Benzyl alcohol. Alergi pada alkohol ditandai dengan munculnya bercak kemerahan pada kulit yang terasa gatal. Jika Anda mengalami hal ini, maka hentikan penggunaan parfum biasa dan beralihlah pada essence oil yang kandungannya sangat alami.

Musk

Musk adalah salah satu bahan yang banyak sekali digunakan dalam campuran parfum. Umumnya, parfum dengan bahan ini memiliki aroma yang hangat dan sensual. Musk sendiri merupakan ekstraksi dari kelenjar sekresi hewan jantan yang banyak mengandung afrodisiak, biasanya pada rusa. Kalau Anda alergi terhadap bahan satu ini, maka lebih baik mencari parfum dengan wangi lain seperti citru atau wangi bunga.

Nah, mulai saat ini cobalah untuk lebih teliti lagi memperhatikan kandungan yang ada di dalam parfum yang akan Anda beli, ya!

Related Posts