Perbedaan Asuransi Dengan Perjudian

 

Karena dalam asuransi terdapat unsur peristiwa yang belum pasti terjadi (omzeker vooral ) oleh pasal 1774 BW atau KUH Perdata, asuransi di kelompokan sebagai perjanjian peruntung-untungan pada umumnya para sarjana berpendapat di tempatkanya asuransi dalam perjanjian untung-untungan pasal 1774 KUH Perdata ( yang sama dengan pasal 1811 BW Nederland ) adalah tidak tepat di kelompokanmya asuransi dalam perjanjian peruntung-untungan bersama-sama dengan permainan dan perjudian ( spel en weddingschap ) juga tidak tepat dan dapat menumbulkan anggapan bahwa asuransi merupakan permainan perjudian. Pendapat demikian tidak benar sebab asuransi bukan permainan dan perjudian, berkaitan dengan hal tersebut dalam Niew Burgeilk wetboek Nederland (NBW) asuransi diatur terpisah dari permainan perjudian. pengaturan permainan perjudian ( spel en wedding schap ) terdapat dalam buku 7 titel 16 di bawah judul kanssepelen en andere spelen, sedangkan asuransi dan bunga cagak hidup berturut-turut terdapat dalam buku 7 titel 17 dan 18 NBW. Dimuka disebutkan bahwa asuransi merupakan perjanjan timbal balik berkaitan dengan hal tersebut, para pihak yaitu penanggung dan tertanggung masing-masing mempunyai hak dan kewajiban yang saling berhadap-hadapan. Hak dan kewajiban tersebut dapat di simpulkan dari ketentuan KUHD dan polis yang merupakan alat bukti tutupnya perjanjian.

Walaupun dasr hukum dari permainan perjudian sama dengan dasr hukum asuransi yakni persetujuan untung-untungan tetapi asuransi tidak sama dengan permainan dan perjudian hal tersebut di karenakan asuransi dan permainan perjkudian terdapat perbedaan yang prinsif :

Dalam permainan dan perjudian pada saat tutupnya persetujuan masing-masing pihak tidak mempunyai kepentingan, kepentingan permainan dan perjudian baru terjadi apabila peristiwa yang di pertaruhkan telah terjadi, apabila peristiwa asuransi dalam kepentingan merupakan syrat mutlak apabila si tertanggung tidak mempunyai kepentingan ( belang/interest) maka asuransi itu batal. (Pasal 250 KUHD)

permainan dan perjudian termasuk persetujuan alam (natuurlijk verbintenis ) sedangkan asuransi termasuk dalam persetujuan perdata ( civil verbintenis ).

Perbedaan permainan dan perjudian ada schuld (hutang) tetapi tidak ada haftung (tuntutn) bila di satukan merupakan schulg ohne haftung = hutang tanpa tuntutan, sedangkan dalam asuransi terdapat schuld dan juga tedapat haftung sebagai contoh schuld ohne haftung, umpamanya judi,buntut, yamg kerena tidak di bayar bandar dan bandar lari, karena bandar itu lari tidak bisa dituntut dalam pengadilan.

Untuk permainan dan perjudian berlaku pasal 1788 dan pasal 1791 BW sedangkan untuk asuransi ketentuan pasal 1788 dan pasal 1791 BW tidak berlaku.

Related Posts