Definisi Bantuan Luar Negeri

Robert Glipn

Sejumlah dana yang diberikan oleh negara yang relatif maju atau kaya kepada negara yang secara ekonomi lebih miskin.

J Holsti

Transfer uang, tekhnologi atau nasihat-nasihat tekhnis dari neagara donor kepada negara penerima.

Bantuan sering didefinisikan sebagai setiap pemindahan sumber dari Negara kaya kepada Negara miskin, yang oleh Negara pemberi disebut sebagai bantuan, dalam arti setiap pemindahan yang keefektifannya dinilai secara umum dalam ukuran manfaat bagi pihak penerima. Bantuan dari Negara-negara kaya kepada Negara-negara miskin yang tercermin dalam istilah pemindahan sumber-sumber (flow of resources) terdiri dari :
Pemindahan sumber-sumber resmi (flow of official resources), antara lain berupa :

  • pemindahan secara bilateral, yaitu : grants (pemberian), sumbangan yang menyerupai grants, modal pemerintah dalam jangka panjang.
  • Pemindahan secara multilateral, yaitu : grants dan iuran modal kepada badan-badan pembangunan internasional dan pemberian hutang kepada badan-badan itu termasuk pembelian obligasi.

Pemindahan sumber-sumber swasta (flow of private resources), antara lain berupa :

  • Investasi langsung swasta (foreign direct investment), Investasi portofolio (portfolio investment), pinjaman bank komersial (commercial bank lending), dan kredit ekspor (exports credit).

Makna Kerja sama dan Bantuan

Istilah kerja sama digunakan sebagai ganti istilah “bantuan” untuk menunjukan bahwa pesertanya berkerja sama dan masing masing memperoleh keuntungan dari proses tersebut. Istilah ini kemudian disaingi oleh istilah “donor”, atau pihak yang menjadi sumber bantuan, dan “penerima”, yakni pihak yang mendapat langsung bantuan.

Dalam kaitan kerja sama pembangunan, donor dan penerima sama-sama memperoleh keuntungan, seringkali dikarenakan pihak penerima membeli perlengkapan atau memasok dari negara donor, terutama apabila bantuan yang diberikan diikat dengan kewajiban membeli barang atau jasa yang berasal dari negara selain donor. Selain itu, pada saat anggaran bantuan luar negeri diajukan ke dewan perwakilan negara donor, alasannya sering dititikberatkan pada keuntungan yang diperoleh oleh pihak donor dari pemeberian bantuan itu; bertambah besarnya ekspor barang modal dan penyerapan tenaga kerja donor.

Alasan digunakannya istilah yang enak didengar, atau kata kata yang manis ialah karena baik pihak pembeli maupaun penerima bantuan masing-masing mempunyai pandangan yang berbeda-beda atau paling tidak berbeda kepentingan, itupun tidak saa. Dikatakan bahwa negara penerima bantuan dikemudian hari mungkin mandiri dan majju, kalau memang benar demikian, kedua belah pihak merupakan mitra yang masing-masing memperoleh keuntungan. Pihak donor memperoleh keuntungan, namun orang berpendapat bahwa pihak penerimalah yang memperoleh manfaat atau keuntunag yang lebih besar dari bantuan tersebut.

 

  1. 4 Tipe Bantuan luar negeri (K.J HOLSTI)
  2. Technical assistance / bantuan teknis
  3. Grants / hibah, dan program impor komoditi
  4. Pinjaman pembangunan
  5. Bantuan kemanusiaan yang sifatnya darurat (Emergency Humanitarian Assistance)

Related Posts